Senin, 17 Desember 2012

Pengusaha Sepatu Lukis Ini Bangkit Lagi Setelah 2 Tokonya Terbakar


Jakarta - Kegagalan atau bangkrut merupakan risiko yang harus ditanggung oleh seorang wirausahawan atau pengusaha. Seperti yang dialami oleh perajin sepatu lukis asal Surabaya, Nazmah Armadhani yang mulai mencoba terjun berbisnis sepatu lukis sejak 4 tahun yang lalu sejak 2009.

Sebelumnya, dia dan suaminya telah berbisnis sepatu pada tahun 1986. Namun, musibah menimpanya dengan keluarga. Dua toko miliknya di Pasar Turi Surabaya habis dilalap si jago merah pada tahun 2007 silam. Tak ayal kerugian ratusan juta rupiah pun dialami pasangan ini.

Dua tahun setelah itu, Dhani panggilan akrabnya mulai merambah bisnis industri yang lain, mulai dari busana muslim, hingga bisnis batik. Namun, belum menuai hasil yang begitu memuaskan. Hingga pada akhirnya pada akhir tahun 2009 dirinya mulai mencoba berbisnis sepatu lukis.

"Tolak ukurnya pas kebakaran. Dua toko kita habis, pas mau bulan puasa. Dua tahun kita bingung karena nggak ada pemasukan. Akhirnya anak saya coba gambar-gambar di sepatunya, temannya suka. Saya juga ikutan gambar di sepatu polos, saya selipkan satu pasang di pameran busana muslim teman saya. Ternyata ibu gubernur suka," ungkap Dhani kepada detikFinance di Pameran Produk Unggulan Jawa Timur di Kementerian Perindustrian, Selasa (20/11/12).

Ia mengaku tak sendiri melancarkan bisnis sepatu lukis. Atau dengan kata lain, banyak pelaku industri serupa. Namun, dia meyakini produk yang dibuatnya ini berbeda. Selain karena latar belakang telah bergelut di industri sepatu selama puluhan tahun, kualitas dari produk sepatunya pun menjadi keunggulan.

"Kita sudah malang melintang di dunia persepatuan. Mereka (industri lain) itu bagus, tapi nggak rapi. Kenapa, soalnya diliat sekilas, garisnya sudah beda. Ketahuan banget kalau garapan saya kaya pabrik. Mereka soalnya dari pelukis, kalau karyawan saya bukan siapa siapa. Pentolan SD, nggak lulus SD, bahkan berhitung pun mereka nggak bisa. Tapi mereka telaten," paparnya.

Sampai saat ini, karyawan yang dimiliki oleh Dhani berjumlah 5 orang yang berasal dari daerah Jawa Timur dan sekitarnya. Untuk bahan baku, Dhani hanya cukup menyediakan cat sablon acrylic dengan kuas untuk melukis. Sedangkan sepatu polos, ia mengaku mendapatkannya di daerah lain seperti Surabaya, Sidoardjo hingga ke Bandung, Jawa Barat.

Usaha bisnis yang digelutinya selama kurang lebih 4 tahun itu cukup menjanjikan. Dalam sebuah pameran, dirinya mengaku bisa meraup omzet hingga Rp 20 juta. Namun, untuk reguler tanpa ada pameran, dia bisa meraup omzet sampai Rp 6 juta.

"Kalau pameran bisa sampai Rp 10-20 juta. Kalau nggak pameran Rp 6 juta-an sebulan. Kan di toko itu nyempil, jadi nggak ke gebyar. Paling keluar 60 pasang," ungkapnya.

Urusan harga, ia mematok harga yang variatif. Mulai dari Rp 100-300 ribu. "Tergantung dari sepatunya untuk cewek apa cowok. Kalau cowok kan lebih besar dan medianya lebih besar," katanya.

Namun sayang, Dhani belum berani merambah pasar ekspor untuk usahanya ini. Dia mengaku belum siap untuk memasarkan produknya ke luar negeri, karena alasan regulasi yang berbelit-belit. Walaupun sempat ada yang menawari, dia secara halus menolaknya.

"Ekspor kan ribet, saya bayanginnya ribet. Terus nanti pasti ada kendala bahasanya juga. Manajemennya harus sudah rapi lah, belum saatnya. Mungkin sudah 10 tahun kalau sudah mateng," tuturnya.

Para pembeli dapat memesan sepatu dengan model dan desain sendiri. Gambar yang unik, dan cerah menjadi keunggulan sepatu berlabel Dhona Dhani ini.


Saat ini produk sepatu lukis berada di pameran Industri Unggulan Jawa Timur di Kantor Kementerian Perindustrian, Jalan Gatot Subroto, Jakarta dari tanggal 20-23 November 2012. 

Nazmah Armadhani

Alamat:

Dukuh Setro 8a/17 Surabaya atau tokonya di ITC lantai Ground Blok G5/3-3a Surabaya. 

Sumber : detik.com


1 komentar:

  1. JUAL BONGKAHAN BACAN DOKO SUPER
    ASLI DARI HALMAHERA SELATAN ( PULAU KASIRUTA )
    BAHAN BACAN SUPER KRISTAL MALUKU UTARA.
    Kondisi bahan ;.
    - Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis.
    - Bahan tua (galian lama).
    - Kualitas super kristal- Sudah tembus.
    - Bahan keras dan padat.
    - Siap gosok poles.
    - Daging utuh, tanpa kapur.
    - Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak.
    - Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik
    Daftar harga :
    1 0ns ; Rp 750.000
    5.ons Rp.2.500.000
    1.kg Rp 3.750.000
    5 kg Rp 10.000.000
    10 Kg Rp 17.500.000
    15,kg Rp.20,000,000,
    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukuran kecil Origin,
    untuk yg mau pesan hub ;
    Hp.; 0812 4195 6724
    pin : 27BD397E
    adapun cara transakai,anda bisa datang langsung ke rumah kami. alamatnya di jl buana seli rt 016 rw 002,
    desa/kel ;labuhan, kec ;bacan, kab ; halmahera selatan, prov ; maluku utara.
    barang juga bisa kami kirim lewat jasa pengiriman tiki,jne,pos,muatan udara dan lewat kargo bandara.setelah barang
    dikirim, kami akan berikan bukti resi pengirimannya.
    INGAT..!!!!! HATI-HATI PENIPUAN DENGAN HARGA MURAH SALAH ORANG ANDA BISA TERTIPU.

    BalasHapus